Di Balik Tanda Silang

tanda silangPerusahaan General Electric pernah mengalami kerusakan mesin yang parah. Semua karyawan yang bekerja di sana dikerahkan untuk memperbaikinya, namun tidak berhasil. Lalu dipanggillah Charles Proteus Steinmetz, seorang electrical engineer yang pernah bekerja di GE dan sekarang sudah pensiun.

Steinmetz berkeliling melihat-lihat mesin-mesin, mengukur sana-sini dan mencatat dalam sebuah buku kecil. Beberapa saat kemudian dia mengambil kapur tulis dan member tandan “X” besar pada sebuah modul. Para engineer segera membongkar modul tersebut dan menemukan kerusakan bagian dalam modul tersebut. Setelah diganti, mesin bisa bekerja kembali dengan normal.

Steinmets menagih GE sebesar $10,000. Tapi manajemen GE keberatan. Mereka mengatakan “Masa untuk pekerjaan member tanda silang saja kita harus membayar sedemikian besar?” Akhirnya mereka meminta Steinmetz untuk membuat rincian tagihannya.

Lalu Steimetz membuat rincian sbb:

  • Membuat tanda silang $ 1.00
  • Menentukan posisi tanda silang $ 9999.00
  • Total $ 10,000.00

Sobat, kadang kita menilai sesuatu hanya dari apa yang kita lihat, dari “tanda silang” yang orang lain buat. Sesungguhnya dibalik tanda yang kita lihat banyak tertimbun pengorbanan dan perjuangan yang tidak sedikit. Kita kadang kagum dengan Messi atau Ronaldo saat meliuk-liuk di antara pemain lawan atau saat mencetak gol. Pernahkah kita belajar dari apa yang mereka lakukan saat latihan, bercucur keringat dan menambah extra latihan saat yang lain sudah istirahat. Kadang kita melupakan perjuangan dan pengorbanan mereka sebelumnya.

Begitu pula saat kita melihat seseorang yang bisnisnya sukses. Kadang kita terpana dengan kesuksesannya tapi melupakan perjuangan, bagaimana dia bisa meraih kesuksesan itu. Kalau kita belum sukses, ambillah contoh apa yang dia lakukan sebelum sukses. Jangan mencontoh apa yang dia lakukan setelah sukses. Ambillah pelajaran di balik “tanda silang” yang digoreskan orang lain!

Posted by at 22 November 2013
Filed in category: Motivasi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *