Kelompok Mentoring Bisnis

Mentoring1Jika kita berjalan melewati hutan sendirian mungkin kita bingung, apalagi kalau kita belum punya pengalaman. Saat itu kita akan merasakan pentingnya seorang teman “Seandainya saja ada teman yang berjalan bersamaku…”. Atau kita juga akan membayangkan “Seandainya saja saya mempunyai kompas dan peta…”.

Itu juga yang saya rasakan saat memulai usaha. Bingung tidak ada orang yang bisa diajak diskusi, diajak berbagi atau tempat bertanya. Semua dilakukan bersama istri dengan cara belajar sendiri. Baca buku, atau kalau ada orang yang kami anggap lebih berpengalaman kami bertanya. Sering terantuk batu besar hingga sakit dan jatuh lalu terhenti sejenak tanpa tahu apa yang harus dilakukan.

Itu mungkin yang menginspirasi teman-teman TDA pusat saat kira-kira 2 tahun lalu mengenalkan program KMB, Kelompok Mentoring Bisnis. 5-7 orang pelaku bisnis berkumpul dengan dibimbing seorang mentor, berdiskusi, belajar, berbagi dan saling support. Sehingga para anggotanya tidak bingung lagi dan tidak ragu saat akan melangkahkan kakinya menjalankan bisnis mereka. Ada spirit kuat dan saling menguatkan sehingga mereka bisa maju bersama.

Alhamdulillah program KMB itu sekarang sudah ada di TDA Bogor Raya. Sudah ada 3 kelompok yang berjalan sampai saat ini. Bahkan satu kelompok akan selesai pertengahan tahun depan karena sudah berjalan hampir 2 tahun mereka belajar. Memang KMB tidak menjamin bisa melejitkan usaha anggotanya secara instan. Kalau ada yang berharap seperti itu pasti akan kecewa, patah semangat atau berhenti di tengah jalan. Namun dalam KMB para anggota akan mendapatkan bagaimana cara membuat pondasi bisnis dan bagaimana cara mengembangkan usaha. Ingin pondasinya sekuat apa atau dikembangkan menjadi sebesar apa, semua tergantung mereka sendiri.

Sharing, support dan belajar bersama juga memperkecil resiko para anggotanya melakukan kesalahan yang sama seperti yang pernah dilakukan anggota yang lain. Kedekatan satu sama lain juga memberikan motivasi para anggotanya untuk mencari solusi bila ada yang mendapatkan tantangan. Dan ini saya rasakan kemarin saat berkumpul dengan teman-teman KMB-02 yang sudah berjalan 10 bulan. Kelompok seperti ini sangat dibutuhkan, terutama bagi yang baru memulai usaha atau yang bisnisnya sedang growing.

Bersyukur dua kelompok KMB segera akan hadir di TDA Bogor Raya bulan Desember ini. Dan akan dibentuk beberapa kelompok lagi pada awal tahun depan. Sayang sekali jika kesempatan ini dilewatkan. Belajar dan mendapat mentoring bisnis selama 2 tahun, GRATISSS…!

Siapa yang ingin ikut KMB ada syaratnya, harus ikut KMIB yaitu Kelompok Mentoring Inspirasi bisnis. KMIB batch #5 akan diadakan mulai tanggal 14 Desember 2013. Buat yang tertarik bisa hubungi 085280689909 atau lihat infonya www.tdabogorraya.com. Jangan sampai ketinggalan!

Posted by at 12 December 2013
Filed in category: TDA,

3 Responses to Kelompok Mentoring Bisnis

  1. kang haris says:

    Alhamdulillah saya alumni KMIB 02 dan berhasil ikut KMB 02 dibawah bimbingan mentor Pak Anjar :)

  2. Tabetha says:

    sebuah informasi yang sangat inovatif dan merupakan sebuah ide yang menarik untuk dipelajari, dan saya sangat senang dengan tulisan anda yang membuat saya selalu belajar dan belajar, terima kasih atas ide dan kreasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *