Marketing Si Tukang Taman

GardenerPagi ini sedang sibuk dengan beberapa pekerjaan di kantor, yang dulu tempat tinggal saya. Ruang kantor saya sekarang, dulunya adalah kamar tidur saya. Posisinya di bagian depan dengan jendela menghadap halaman depan.  Sayup-sayup terdengar suara orang yang ngobro, awalnyal tidak terlalu menarik perhatian. Lama-lama ingin tahu juga siapa sih.. yang ngobrol. Ternyata mas Nur, tukang taman yang sedang mendesign ulang taman kantor, dengan seorang konsumen saya yang sedang datang.

Mas Nur, si tukang taman, umurnya belum 30 tahun. Baru menikah beberapa bulan lalu. Dulu awalnya dia kerja ikut orang, membantu jualan tanaman dan membuat taman. Memang orang-orang di kampungnya sebagian besar bekerja sebagai tukang taman atau penjual tanaman.  Setelah banyak belajar dia memberanikan diri untuk bekerja mandiri, menjadi self employee.

Awal bertemu, saya sudah mendapat kesan menarik darinya. Lewat tetangga yang telah menggunakan jasanya, istri menelpon dia untuk datang. Orangnya sopan dan senang berbagi ilmu. Saat itu saya minta dia untuk mendesign ulang taman di rumah. Lalu dia cerita banyak tentang tanaman-tanaman yang ada di rumah saya. Setelah itu dia menanyakan apakah keinginan kami, apa konsepnya. Kemudian dia memberikan saran tanaman-tanaman yang baik menurut dia. Karena tanaman A tidak boleh ditaruh di tempat terlalu panas sedangkan yang B boleh. Tanaman itu bentuknya bagus tapi perlu perwatan khusus…  “Tapi semuanya terserah dengan ibu dan bapak” katanya di akhir penjelasannya.  Gayanya polos tapi benar-benar menerapkan strategy seorang salesman yang canggih. Tak lupa dia menyodorkan kartu namanya yang cukup  menarik.

Karena kerjaannya sangat baik dan memuaskan, dia saya minta untuk mendesign ulang taman di kantor. Dan pagi ini, di kantor saya, dia mempraktekkan lagi strategi marketingnya dan kelihatannya  berhasil lagi… Saya yakin dia tidak belajar tentang selling dan marketing secara khusus tapi karena kecintaannya kepada pekerjaannya semua seperti mengalir. Dia benar-benar enjoy saat menjelaskan dan saat bercerita tentang taman dan tanaman. Apakah anda mencintai pekerjaan anda?

Posted by at 25 November 2013
Filed in category: Motivasi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *