Mencari Air Kehidupan

ikan3Seorang ayah mengajak anaknya bermain di tepi sebuah sungai, sebuah kegiatan yang sering mereka lakukan. Seperti biasa kemudian si ayah cerita “Anakku, lihatlah air di sungai itu. Air adalah sumber kehidupan buat kita. Tanpa air kita tidak bisa hidup.”

Ternyata cerita sang ayah terdengar oleh seekor ikan kecil yang sedang berenang dalam sungai. “Wah… gawat! Saya harus mencarinya sekarang juga! Mencari air sumber kehidupan.” kata si ikan kecil dalam hati. Maka diapun bertanya kepada ikan-ikan yang lain. “Dimanakah aku bisa menemukan sumber air, yang bisa memberi kehidupan bagi kita?”. Ikan-ikan lain menjawab sekedarnya saja “Gak tahu… Mungkin di hulu sungai.”

Dengan serta merta ikan kecil itu berenang melawan derasnya air sungai. Dan setiap kali menemukan ikan yang lain dia selalu menanyakan hal yang sama. Dan jawabannya pun tidak jauh berbeda. Hingga setelah berenang kelelahan si ikan kecil bertemu seekor ikan yang lebih besar dan bijaksana. Lalu dia bertanya “Tahukah anda dimana saya bisa menemukan air, karena tanpanya maka kita tidak bisa hidup.” Lalu dia menceritakan apa yang dia dengar dari manusia di tepi sungai. Ikan yang besar menjawab “Anakku, engkau tidak perlu mencarinya kemana-mana karena ia ada di sekeliling kita. Namun kadang kita tidak menyadarinya.”

Sobat semua, pernahkah kita melihat orang seperti ikan kecil itu? Atau mungkin kita sendiri pernah mengalaminya? Mereka berusaha terus mencari “air kehidupan”, mencari kebahagian dalam hidupnya. Mereka membanting tulang, memeras keringat, pergi pagi pulang sore bahkan kadang melupakan keluarganya. Jika mereka ditanya jawabannya sama “Saya bekerja untuk mencari kebahagian dalam hidup ini.” Atau “Saya bekerja demi membahagiakan keluarga saya.” Mereka lupa bahwa kebahagiaan itu ada di sekitar mereka, ada pada orang-orang di dekat mereka namun mereka tidak menyadari.

Mari kita mencoba melihat lebih jeli di sekeliling kita dan mentafakuri atas apa yang ada dan menimpa diri kita. Insya Allah kebahagiaan itu akan kita temui di sela-sela kehidupan ini, di antara aktivitas-aktivitas kita. Ambillah…. dan gosok dengan sabar dan rasa syukur. Insya Allah kebahagiaan itu akan semakin cemerlang yang akan menghiasai kehidupan kita.

Love you all….

Posted by at 29 November 2013
Filed in category: Motivasi,

2 Responses to Mencari Air Kehidupan

  1. kang haris says:

    Jleb Pak. Kadang saya seperti ikan kecil ini :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *