Persaingan Yang Melejitkan

Kalau kita berbicara seppersainganakbola banyak orang langsung teringat Premier Liege. Ya.. kompetisi sepakbola di tanah Inggris. Orang bilang gaya bermain kick and rush sepakbola Inggris tidak lagi sesuai dengan sepakbola modern. Namun nyatanya banyak sekali orang di seluruh dunia yang menantikan pertandingan di Premier Liege.

Seru, cepat dan hasil akhir susah diprediksi. Iya memang persaingan di kompetisi ini ketat, jarak club papan atas dan tengah tidak terlalu jauh. Club papan ataspun tidak hanya berisi 2 club saja seperti di spanyol dan jerman. Tapi ada 5 club yang bisa bersaing menjadi juara!

Karena persaingan ini banyak pemain asing yang berdatangan ke tanah Inggris. Selain bayaran besar, dengan dukungan sponsor yang senang dengan kompetisi yang menarik, juga mereka ingin mengasah dan membuktikan skill mereka di kompetisi dengan persaingan yang tinggi. Jika mereka berhasil maka bayaran mereka melonjak. Contohnya Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

Dalam bisnis persaingan juga lumrah kita temui. Namun bagi pebisnis pemula kadang mereka mencoba menghindari atau mengabaikan persaingan. Padahal persaingan itu penting untuk membuat kita menjadi lebih baik. Sehingga kita selalu berusaha mengeluarkan sisi terbaik kita untuk memenangkan persaingan itu.

Saya pernah ada pengalaman saat menunjuk agen ketiga di sebuah kota. Dua agen terdahulu protes keras, karena mereka merasa dengan 2 agen saja penjualan mereka kurang maksimal. Nah kalau ada 3 agen bagaimana? “Makin susahlah kami berjualan!” kata mereka.

Saat itu saya hanya mengatakan bahwa penjualan mereka belum mencapai sesuai target yang disepakati. Maka saya berhak untuk menunjuk agen yang lain. Awalnya mereka agak kesal, namun setelah itu mereka menjadi lebih aktif menawarkan produk mereka. Takut kalah bersaing dengan agen-agen yang lain. Kreativitas mereka muncul.

Setahun berlalu, Alhamdulillah ternyata mereka mempunyai omset yang luar biasa. 2 agen terdahulu omsetnya meningkat menjadi lebih dari 150% dibandingkan tahun sebelumnya. Agen yang barupun mempunyai omset yang setara. Persaingan telah melejitkan mereka!

Kenyataan inipun terjadi kala saya terapkan di kota lain. Kita kadang terlena dengan kenyamanan yang kita miliki. Sehinga potensi yang ada pada diri ini tidak bisa dimaksimalkan. So, sobat semua… jangan takut dengan persaingan, karena persaingan bisa melejitkan potensi kita, bisa melejitkan bisnis kita. Selamat bersaing!

Posted by at 21 November 2013
Filed in category: Motivasi,

One Response to Persaingan Yang Melejitkan

  1. Rocky says:

    Slam dunkin like Shaquille O’Neal, if he wrote inrvamftioe articles.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *