Waktu Adalah Pedang

Tidak terasa setahun saya tidak pernah membuka blog ini, setahun tidak menulis artikel, setahun tidak berbagi lewat tulisan. Cepat sekali waktu berlalu, serasa hanya sekedipan mata saja. Benar orang yang berkata “Waktu adalah pedang”. Jika kita tidak memanfaatkannya dengan baik maka ia akan menebas diri kita. Lakasana tebasan pedang di medan perang.

Rasulullah sendiri pernah mengatakan dalam sebuah hadits:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua kenikmatan yang banyak dilupakan oleh manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang”. (Muttafaqun ‘alaih)

Ibnul Jauzi dalam kitab Fathul Bari mengatakan, ”Terkadang manusia berada dalam kondisi sehat, namun dia tidak memiliki waktu luang karena sibuk dalam aktivitas dunia. Dan terkadang pula seseorang memiliki waktu luang, namun dia dalam keadaan sakit. Apabila tergabung kedua nikmat ini, maka akan datang rasa malas untuk melakukan ketaatan. Itulah manusia yang telah tertipu (terperdaya).

Astaghfirullah… saya termasuk yang masih sering menyia-nyiakan kenikmatan ini. Kesibukan-kesibukan duniawi sering melenakan. Kenikmatan-kenikmatan sesaat sering melupakan yang haqiqi.

Kembali teringat materi manajemen waktu yang pernah diajarkan seorang guru kepada saya. Ada 4 kategori bagaimana kita menghabiskan waktu kita. Yaitu dengan cara mengerjakan sesuatu yang:

  1. PENTING dan URGENT
  2. TIDAK PENTING tapi URGENT
  3. PENTING tapi TIDAK URGENT
  4. TIDAK PENTING dan TIDAK URGENT

Kalau kita list aktivitas harian kita dari bangun tidur di pagi hari hingga malam saat akan tidur lagi, kira2 kategori mana yang paling banyak kita lakukan? Semoga banyak aktivitas di kategori 1 dan 3. Kategori 2 adalah hal-hal yang perlu dikurangi. Sedangkan kategori 4 adalah sesuatu yang harus kita hindari.

Dengan melihat 4 quadrant aktivitas kita, semoga kita bisa mengevaluasi diri kita. Membuat perencanaan aktivitas lebi baik, mengefisienkan waktu dan mengisi waktu luang menjadi lebih bermanfaat.

Mudah-mudahan waktu yang  saya pakai untuk menulis di blog ini bisa dihitung sebagai bagian dari upaya untuk  menghindarkan diri ini dari menyia-nyiakan waktu. Bersyukur bila ada yang bisa mengambil manfaat darinya.

Posted by at 12 March 2016
Filed in category: Motivasi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *